Kamis, 01 November 2018

Tips Mengatasi Wasir Pada Saat Hamil

Tips Mengatasi Wasir - Hallo, selamat datang kembali diwebsite kami. Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai tips mengatasi wasir pada saat hamil. Namun, sebelum kita membahas tips mengatasi wasir pada saat hamil, Sebaiknya anda mengenal faham dulu mengenai apa itu penyakit wasir. 

Apa Itu Wasir ? 



Wasir merupakan kondisi pembengkakan pada pembuluh darah dianus atau rektum, yang bisa menyerang siapa saja baik laki-laki maupun wanita dewasa atau lansia. Wasir atau lebih dikenal dengan ambeien ini disebabkan karena beberapa hal seperti, mengejan tertalu keras pada saat buang air besar, sembelit, duduk terlalu lama, serta kehamilan. 

Ambeien ini dapat menimbulkan gejala yang berbeda-beda, ada yang menimbulkan gejala sakit dan ada juga yang tidak sama sekali menimbulkan gejala sakit. Namun, bahaya wasir pada ibu hamil yang sudah tumbuh membesar dan membentuk gumpalan darah, maka bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. 

Wasir atau ambeien umumnya diderita oleh orang-orang pekerja kantoran terlalu lama duduk. Namun, wanita hampil juga dapat terjangkit penyakit yang satu ini, Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon progesteron pada masa kehamilan. 

Wasir yang menyerang ibu hamil merupakan penyakit yang menjadi keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya ibu hamil melakukan tindakan operasi untuk menghilangkan wasir tersebut. Namun, sebelum melakukan tindakan operasi, ada beberapa hal mengenai tips cara mengatasi wasir pada saat hamil. Lalu, apa saja tips mengatasi wasir pada saat hamil ?

Tips Mengatasi Wasir Pada Saat Hamil 

  1. Mengkonsumsi Sayur Dan Buah 
    Mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat sangat baik dikonsumsi oleh penderita wasir atau ambeien, Konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat juga bermanfaat untuk membantu memperlancar proses pembuangan BAB, Sehingga hal ini ibu hamil tidak perlu mengejan terlalu keras. 
  2. Posisi Tidur Miring Ke kiri 
    Tidur dengan posisi miring ke kiri dapat mengurangi tekanan rahim, terhadap pembuluh darah yang ada dibelakang perut. Dan cara ini juga dapat mengurangi aliran pembuluh darah balik. 
  3. Memperbanyak Mengkonsumsi Air Mineral 
    Memperbanyak minum air putih juga dapat melunakan feses dan memperlancar saluran pencernaan. Selain bermanfaat untuk melunakan fesef, memperbanyak mengkonsumsi air mineral juga sagat baik untuk tubuh, salah satunya yaitu terhindar dari dehidrasi. 
  4. Melakukan Olahraga Ringan
    Meski disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan kandungan serat, apabila tidak diikuti dengan melakukan olahraga ringan hal tersebut tentu tidak seimbang. Oleh karena itu, sangat penting melakukan olahraga ringan untuk mengurangi wasir atau ambeien yang saat ini anda derita. 
  5. Tidak Menahan Buang Air Besar 
    Menahan buang besar dapat menyebabkan feses menjadi lebih keras, sehingga pada saat buang air besar harus mengejan dengan keras dan hal tersebut tentunya menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, ibu hamil tidak boleh menahan buang iar besar. 
Dan demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan dan bagikan untuk anda semua mengenai tips mengatasi wasir pada saat hamil, semoga informasi ini bermanfata untuk anda terutama untuk anda ibu hamil yang terkena wasir. Mohon maaf bila ada kata-kata yang salah.

Terimakasih sudah menyimak, dan sampai jumpa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar